Apa penyebab gatal pada kemaluan wanita ~ Gatal pada kemaluan adalah kondisi umum yang bisa terjadi pada  anak-anak hingga dewasa. Gatal ini dapat terasa sangat mengganggu, bahkan dapat membuat Anda merasa canggung ketika mengalaminya disaat yang tidak tepat. Dengan mengetahui apa saja kemungkinan penyebabnya, memungkinkan Anda untuk mengantisipasi hal ini dan mengatasinya. 

APA PENYEBAB GATAL PADA KEMALUAN WANITA 

Gatal pada vagina dapat terjadi karena satu atau kombinasi beberapa penyebab. Diperlukan pemeriksaan oleh dokter atau konsultasikan dengan ahli kesehatan lainya untuk mendeteksi kondisi yang menyebabkan gatal. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang dapat terjadi: 

APA PENYEBAB GATAL PADA KEMALUAN WANITA
APA PENYEBAB GATAL PADA KEMALUAN WANITA
  1. Penggunaan bahan kimia. Gatal dapat disebabkan iritasi vagina akibat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam kondom, krim, sabun, tisu, atau pembalut yang digunakan.
  2. Infeksi jamur. Disebut juga kandidiasis vagina. Yaitu infeksi jamur yang tumbuh berlebihan pada vagina dan vulva. Infeksi ini lebih berisiko terjadi saat wanita sedang hamil, menggunakan antibiotik, aktif berhubungan seksual, dan ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah. Selain gatal, jamur akan menyebabkan vagina mengeluarkan cairan putih dan kental.
  3. Vaginosis bakteri. Keberadaan bakteri-bakteri sehat pada vagina adalah hal yang normal. Namun bakteri jahat dapat menyebabkan infeksi dan rasa gatal. Selain gatal, umumnya vaginosis bakteri diiringi gejala seperti rasa perih, serta keluarnya cairan dan bau tidak sedap dari vagina.
  4. Penyakit menular seksual (PMS). Sifilis,Herpes, klamidia, trikomoniasis, dan gonore adalah beberapa jenis PMS yang dapat menyebabkan vagina gatal.
  5. Menopause. Turunnya produksi estrogen di akhir masa reproduksi wanita dapat menyebabkan dinding vagina menipis dan mengering, sehingga menyebabkan terjadinya iritasi dan vagina gatal. Selain pada menopause, kondisi ini juga dapat terjadi pada wanita yang sedang menyusui.
  6. Lichen sklerosis. Bercak putih pada kulit sekitar kemaluan. Kondisi yang jarang terjadi ini umumnya dialami wanita pascamenopause. Penyakit kulit lain seperti eksim dan psoriasis juga dapat menyebabkan gatal.
  7. Kanker Vulva. Gatal juga dapat menjadi gejala kanker pada organ intim wanita, tepatnya kanker vulva.
  8. Stres. Meski jarang terjadi, namun kondisi emosional yang tidak stabil dapat menyebabkan sistem kekebalan menurun sehingga membuat tubuh lebih berisiko mengalami gatal dan iritasi.

APA PENYEBAB GATAL PADA KEMALUAN WANITA
Waspadai Gejala Ini
Iritasi pada vagina umumnya dapat membaik dengan sendirinya. Jika tidak, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.Segera lakukan pengobatan terutama jika gatal pada vagina disertai gejala-gejala berikut:
  • Keluarnya cairan tidak normal dari vagina.
  • Bisul atau luka seperti sariawan pada vulva.
  • Sulit atau terasa perih saat buang air kecil.
  • Gejala-gejala tidak normal lain yang tetap ada hingga lebih dari satu minggu.
  • Gatal disertai pendarahan dan pembengkakan.
BACA JUGA : Cara Mengobati Mis V Gatal 
cara menghilangkan rasa gatal pada miss v
Cara Menghilangkan Rasa Gatal Pada Miss V

PRODUK TERKAIT APA PENYEBAB GATAL PADA KEMALUAN WANITA

Menjaga kebersihan area genital, melakukan seks yang sehat dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan adalah syarat utama mencegah penyakit kelamin wanita. Namun jika saat Anda sudah terlanjur mengalami, hal terpenting adalah melakukan pengobatan supaya penyakit tidak makin parah. 

Pengobatan penyakit kelamin bisa menggunakan Herbal DeNature yang berbahan alami dan sudah teruji secara klinis. Semua produk kami sudahpun bersertifikasi ISO,BPOM dan Halal dari MUI.Obat Herbal yang bisa Anda gunakan diantaranya: 
  • Gangjie berbahan daun dan akar kumis kucing yang mempunyai efek diuretik,anti jamur dan anti radang untuk melawan bakteri virus. Extra kumis kucing juga berfungsi memicu peningkatan pemicu urine jadi secara tidak langsung bolak balik buang air kecil membantu membilas bakteri yang masuk kekandung kemih. 
  • Ghosiah berbahan daun binahong  berfungsi untuk melancarkan buang air besar dan kecil,mempercepat penyembuhan luka sipilis,mengobati gatal-gatal dan sebagai antioksidan alami.
  • Pipeca berbahan sirih merah yang sangat bagus untuk pembersihan saluran ulterik,mengobati keputihan, aniseptik alami dan menjaga kesehatan reproduksi.
  • Habatussauda berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan kuman dan bakteri. Sebagai antihistamin dan antialergi.
  • Bioaura berbahan dari daun bidaram yang berfungsi untuk menjaga kesehatan organ dalaman wanita, mengobati stres dan menjagga kesehatan hormon wanita.
  • Gurah V berbahan dasar manjakani bermanfaat untuk mengobati keputihan, mengurangi lendir, menghilangkan bau tidak sedap, menjaga ph normal dan membuat rapet vagiina seperti perawan.
Demikian penjelasan dari kami mengenai Apa Penyebab Gatal Pada Kemaluan Wanita.Semoga bisa membantu. Hindari ketidaknyamanan akibat gatal pada kemaluan dengan penanganan yang sesuai. Jika gejala berlanjut atau lebih parah segeralah berkonsultasi untuk menemukan solusi terbaik. Salam Sehat De Nature
 
Top