Rasa gatal dan terdapat benjolan didalam miss v apakah berbahaya? ~ Terimakasih atas pertanyaan kepada DeNature. Halo Sista sebelum kami menjelaskan lebih lanjut mengenai pertanyaan Anda,ada baiknya diperhatikan gatal pada area genital apakah ada keluhan lain yang muncul bersamaan misalnya keluar lendir, terdapat bintik-bintik merah, muncul kemerahan di kulit. Benjolan merah di vagina perlu diketahui lokasinya, apakah gatal yang dimaksud gatal di benjolan saja ataukah di vagina secara umum. Berbahaya atau tidaknya bergantung dari penyebab benjolan dan gatal tersebut. 

Perlu diwaspadai bahawa benjolan merah kecil dan rasa gatal pada vagina dapat timbul pada keadaan-keadaan berikut ini:

1.Kista vagina
Benjolan di dalam vagina bisa jadi pertanda adanya kista. Kista vagina biasanya muncul di dinding vagina, berupa benjolan keras seukuran kacang polong atau bisa lebih besar. Ada beberapa jenis kista vagina, di antaranya kista Bartholin, kista inklusi, kista Müllerian, dan kista Gartner. Jenis kista vagina yang banyak ditemui adalah kista inklusi. Kista vagina jenis ini biasanya muncul setelah melahirkan atau saat terjadi cedera pada vagina.
Kista vagina umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Hanya saja, jika ukurannya besar dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berhubungan seks, saat berjalan atau berolahraga, dan saat memakai pembalut jenis tampon. Jika kista mulai menimbulkan rasa sakit dan nyeri, itu pertanda bahwa kista sudah terinfeksi dan butuh penanganan dokter segera. Komplikasi yang terjadi umumnya adalah abses vagina, yakni terbentuknya sekumpulan nanah dan cairan yang dapat menyebabkan kemerahan, nyeri, dan bengkak.

2.Sifilis
Sipilis disebabkan bakteeri treponema pallidium akibat hubungan seksual yang beresiko. Penyakit ini muncul dengan diawali gatal,keputihan, muncul binti-bintik seperti jerawat dan adda sebagain muncul luka merah bulat menyerupai sariawan. Keadaan ini bisa hilang dalam 2minggu tapi bukan berarti nbakteri dalam tubuh juga ikut hilang. 

3.Kutil kelamin
Benjolan di dalam vagina bisa jadi pertanda kutil kelamin. Kutil kelamin termasuk penyakit menular seksual yang ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan berukuran kecil di sekitar area labia, di dalam vagina, di leher rahim, dan bahkan di sekitar anus. Kutil kelamin disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV). Penyebarannya bisa melalui berhubungan seksual baik melalui vagina, seks anal, dan seks oral.
Gejala kutil kelamin biasanya bermula dari kumpulan benjolan kecil berwarna merah muda atau cokelat kemerahan. Beberapa kutil kelamin tidak menimbulkan rasa sakit, namun sebagian lain bisa menimbulkan rasa gatal dan perih.

4.Herpes Genital
Herpes genital juga merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Biasanya ditandai dengan adanya gatal, kesemutan, muncul luka seperti sariawan, serta benjolan pada alat kelamin yang berisi cairan bening. Selain itu, juga akan muncul gejala berupa demam dan rasa sakit di area kelamin dan bokong.
Herpes genital ditularkan melalui seks vaginal (lewat vagina), oral (lewat mulut), atau anal (lewat anus). Tidak ada obat untuk herpes genital, tetapi tingkat keparahan dan lamanya gejala yang muncul dapat dikontrol oleh obat antivirus.

5.Kulit Tumbuh Di Vagina
Benjolan di dalam vagina bisa jadi disebabkan oleh vaginal skin tag atau kulit tumbuh di dalam vagina. Vaginal skin tag adalah kulit tumbuh yang muncul di area vagina, berwarna serupa dengan warna kulit atau lebih gelap, umumnya  berukuran kecil, yaitu sekitar 2-10 milimeter. Kulit tumbuh ini bisa disebabkan oleh kehamilan, kegemukan, resistensi insulin, faktor keturunan, atau infeksi human papillomavirus (HPV). Kulit tumbuh di vagina bisa menyerupai polip vagina atau kutil kelamin.

5.Fordyce spots
Bintik-bintik fordyce merupakan benjolan atau titik-titik kecil atau putih kekuningan berukuran 1-5 mm, yang umumnya muncul di bagian dalam vulva. Fordyce spots juga bisa muncul di pipi, bagian tepi bibir, bahkan di penis. Umumnya, bintik-bintik ini mulai terlihat pada masa pubertas hingga dewasa, tidak berbahaya, dan tidak menimbulkan rasa sakit.

BENJOLAN DI DALAM MISS V
BENJOLAN DI DALAM MISS V


BENJOLAN DI DALAM MISS V

Gatal di vagina juga dapat disebabkan oleh adanya keputihan maupun infeksi jamur di sekitar kulit vagina. Usahakan Anda dapat konsultasi dengan dokter . Dokter akan melakukan pemeriksaan daerah genital tersebut dan memberikan obat yang sesuai. 

Jika pergi ke dokter Anda merasa malu dan canggung maka Anda bisa memilih pengobatan herbal. Anda cukup konsultasi lewat telp dan konsultan herbalis akan memberikan resep yang sesuai dengan keluhan yang Anda rasakan diantaranya:

  • Bersih darah,Habatop dan Salep untuk infeksi yang disebabkan jamur
  • Bersih darah,Eximtas dan Salep Exclear jika disebabkan eksim,skabies dan kudis
  • Gangji,Ghosiah,Pipeca,Bersih darah dan Salep  jika disebabkan oleh sipilis herpes 
  • Gangji,Ghosiah,Pipeca,Bersih darah,anpiloma dan salep antinfeksi untuk kutil kelamin

  • Herbal cukup diminum 3x sehari dan salep dioles 2x sehari. Semua obat berbahan alami sehingga Anda tidak perlu khawatir akan muncul efeksmping yang tidak dinginkan. 

    Referensi : MENGATASI GATAL PADA MISS V SECARA ALAMI


    cara mengobati miss v yang gatal
    cara mengobati miss v yang gatal


    BENJOLAN DI DALAM MISS V

    Jadi sudah tahu kan sista bahwa benjolan dan gatal miss v merupakan tanda dari berbagai penyakit kelamin yang jika dibiarkan tanpa pengobatan bisa mengancam nyawa. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum semua terjadi ada baiknya Anda melakukan hal-hal sebagai berikut :
    > Memakai pakaian dalam berbahan katun yang longgar
    > Membersihkan area genital dengan sabun yang lembut dan tidak wangi
    > Vaksinasi HPV
    > Menjaga kebersihan organ intim
    > Hindari hubungan seksual yang beresiko
    > Selalu tanyakn riwayat seks pasangan kalau
    > Lakukan tes kesehatan berkala secara bersamaan 


    Demikian penjelasan dari kami mengenai benjolan didalam miss v. Semoga bermanfaat. Salam sehat DeNature.We Do Because We Care.
     
    Top